Skip to main content

Hari XI : Mendaki Menuju Kaohsiung Martyr Shrine


Rencana hari ini pergi ke National Sun Yat Sen University (NSYSU). Naik MRT menuju Sizihwan station NT$80. Keluar dari gate 1, kearah kanan, ikutin arah Sun Yat Sen tunnel. Ini adalah jalan yg cepat menuju NSYSU. Masuk ke tunnel yg lumayan panjang dan lebar. Banyak mahasiswa mengendarai sepeda, orang umumpun banyak yang banyak kesini karena dari sini juga bisa menuju National Shoushan Nature Park yaitu bukit disebelah NSYSU. Setelah keluar dr tunnel, belok ke kiri dulu untuk melihat NSYSU. Kami melihat square, lapangan luas ditengah kampus, ada cafenya sempat membeli 2 cheese cake dan milk tea NT$45. Kemudian balik ke tunnel, sekarang ke arah kanan, terdapat dormitory mahasiswa tapi tidak seramai di NTU. Kami terus jalan dan naik melalui anak tangga, cukup tinggi, diujungnya adalah jalan cukup sepi, kami belok kanan ada tanda "Martyr's shrine". Dipinggir jalan sebelah kanan terdapat trotoar khusus pejalan kaki yg dikiri kananya terdapat pagar. Dari sini kami bisa melihat kota Kaohsiung dan Cijin Island dr ketinggian. Bagus banget.



Kami terus jalan, kemudian ada 2 jalan, kami mengambil jalan ke kiri. Kemudian terdapat gedung "Preparatory  office of Shoushan Nature Park" . Saat kami masuk ternyata ada petugasnya yg memberi tahu kami bahwa itu adalah kantor bukan tempat umum. Kami menanyakan Martyr's Shrine yg kami tuju, mereka bilang jalan sekitar 5 - 10 menit. Kami jalan lagi, benar...disana terdapat anak tangga yg banyak sekali dan terlihat gerbangnya. Kami naik, sudah ramai orang disana. Disebelah kiri tdp tulisan LOVE  yg besar tempat orang berfoto, dipinggirnya terdapat patung kera Macacus dgn latar kota Kaohsiung dan Cijin island. Disebelahnya terdapat bangunan kecil yg diatasnya bisa melihat pemandangan lebih tinggi lagi dan terdapat 32 kata cinta dari berbagai bahasa. Kemudian mulai melihat ke dalam, terdapat main hall tapi tidak dibuka. Ditembok kiri kanan tdp foto beberapa martir dalam sejarah Taiwan. Disebelah kiri bangunan utama tdp "Peace and War Temple" dijaga oleh 2 tentara. Kami menanyakan pada tentara bagaimana jalan menuju ke kota tanpa melewati arah kami datang, merek menunjuk kearah jalan di depan mereka, kami menyusuri jalan tsb dan bertemu dgn bangunan "Fu-shing Buddhist Temple" dan tepat didepannya tdp anak tangga yg banyak sekali. Kami coba menuruni anak tangga tsb dan aha ...rupanya tangga itu menuju ke kota. Tepatnya di jalan Wufu 4th road. Betapa senangnya kami, karena kalau melihat peta di google map seharusnya jalan yg kami tempuh sangat jauh utk mencapai kota. Dr sana kami ke SevenEleven untuk makan siang NT$263. Kemudian ke Carrefour, membeli 5 baju, snack puffpastry, odol, kue satu, gohyong untuk teman makan NT$534. Di Carrefour tempat makan, kami jajan sosis NT$12, kiwi 4buah NT$40, fillet ayam yg besar NT$55 (jauh lbh murah dr fillet di Xilin night market NT$80). Besok kami mau makan disini lagi karena murahhhh...

Makan=NT$551
Transpor=NT$80
Baju 5 buah=NT$397
Total hari ini=NT$1.028
Total 13 hari=NT$16.803+288, sisa NT$3.909

Sun Yat Sen Tunnel

Salah satu gedung di NSYSU

Perjalanan menuju Kaohsiung Martyr Shrine

Didepan Preparatory Office

Tulisan LOVE didekat Kaohsiung Martyr Shrine

Kaohsiung Martyr Shrine

Fu Shing Buddhist Temple, gak sengaja ketemu wkwkwk.

Tangga shortcut menuruni bukit



Comments

Popular posts from this blog

Hari II : Jalan-jalan di Lotus Pond, Kaohsiung

Pada tanggal 11 Juli 2018 kami berencana jalan-jalan yang dekat2 saja di Kaohsiung. Paginya kami makan pagi di hotel. Dan menurut kami sangat memuaskan karena menyediakan nasi dengan berbagai macam lauk, sayur, ada bubur, roti dgn selai, mantau, minumannya ada kopi, teh, jus jeruk, lengkeng, anggur. Pokoknya puas dan kenyang.

Hari XII : Santai-santai di Kaohsiung dan Pulang ke Bali

Hari ini adalah hari terakhir kami di Taiwan, jadi kami tidak merencanakan pergi   ke destinasi wisata. Kami hanya bersantai-santai. Sesudah sarapan yg sangat kenyang,   kami n aik MRT ke Shihjia Station keluar dari gate 3. Menuju ke IKEA, lihat-lihat barang di sana, setelah puas kami keluar. Dipintu keluar, ada penjual makanan dan disebelahnya terdapat vending machine tapi bukan menjual minuman melainkan es krim (baru kali ini lihat vending machine es krim) ada yg rasa vanila NT$10 dan rasa mangga NT$20. Kami coba...wih enak es krimnya seperti es krim McD dan murah banget. 

Jalan-jalan di Kuta, Bali Tanpa Kendaraan? Emangnya Bisa?

Hallo teman-teman. Udah lama banget nih saya gak nulis di blog karena berbagai kesibukan. Tapi ada suatu momen yang ingin saya bagikan, yaitu momen saya jalan-jalan di Kuta, Bali. Ya, saya memang tinggal di Bali dan jalan-jalan di Bali bukanlah hal yang jarang saya lakukan. Namun saya ingin memberitahu kalian bahwa ternyata ada tempat wisata yang bisa kalian nikmati tanpa harus naik motor atau mobil. Ya, yaitu berwisata di Kuta.