Skip to main content

Hari IX : Mampir ke Cijin Island


Setelah sarapan di Centre Hotel, kami naik MRT ke Sizihwan NT$80. Keluar dari gate 1, belok ke kiri jalan terus sampai pertigaan belok ke kanan, nah sudah terlihat Gushan pier, ini adalah tempat penyeberangan ke Cijin Island. Masuk ke tempat antrian orang tanpa kendaraan, karena banyak juga yang menyeberang dengan motor atau sepeda. Biaya per orang NT$40, jadi untuk kami berempat semuanya NT$160. Kami cukup masukkan uangnya ke box yg tersedia yg dijaga oleh petugas. Naik ke kapal tidak menunggu lama. Kami hanya menunggu sekitar 2 menit kapal sudah berangkat. Kapal ada 2 lantai, lantai 1 untuk yg membawa kendaraan, lantai 2 hanya untuk penumpang. Tidak sampai 7 menit kapal sudah merapat di cijin island, keluar dr pier (piernya bagus) kami belok ke kanan untuk pergi ke cihou lighthouse dan cihou fort. Dilihat dari suasananya, terlihat seperti kota biasa, namun masih sepi karena belum pada keluar dan wisatawan belum banyak yang datang. 


Sembari jalan menuju kesana, kami melihat-lihat rumah-rumah penduduk setempat yang begitu mungil wkwk. Tempatnya diatas bukit, jadi jalan kesana menanjak, sebelah kanan "lighthouse" yg kiri "fort". keringat mengucur deras tapi sampai diatas terbayar deh karena pemandangannya sangat indah. Di Cijin Island terdapat 3 lighthouse, yang ini namanya Kaohsiung lighthouse. Lighthouse ini sudah terlihat dari bawah sebelum kami menyebrang Cijin Island karena letaknya sangat tinggi. Dari sana kami juga melihat pemandangan kota Kaohsiung yang bagus. Dari lighthouse tidak usah turun lagi, tapi ke sebelah kanan melewati pepohonan seperti hutan sampai di Cihou Fort. Di Cihou Fort terdapat peninggalan benteng-benteng yang sudah rusak yang terbuat dari batu bata merah. Walaupun banyak lorong-lorong gelap disana, tetapi kami tidak menemui bau pesing atau sesuatu yang tidak mengenakkan, kami sangat takjub dengan hal itu.

Dari Cihou Fort kami jalan menyusuri pulau menuju selatan. Rencana kami, tepat setelah sampai Windmill Park, kami putar balik. Sepanjang perjalanan, sempat membeli minuman yoghurt green tea NT$35, dan red bean NT$40, tepat disebelah pier. Ohya, bagi Anda yang tidak mau capek-capek jalan kaki seperti kami, Anda bisa menyewa sepeda roda empat dengan kapasitas 4 orang, harganya NT$400 untuk 1 jam pertama dan tambahan NT$200 untuk jam-jam berikutnya. Paling banyak penyewa sepeda ini mangkal didepan pier. Karena harganya yang kami rasa agak mahal, jadi kami memilih jalan kaki saja. Saat sedang berjalan menuju arah selatan, kami menemukan gedung yang sangat megah namanya Cijin Life Memorial. Karena kami penasaran, kami masuk saja, walaupun gaada oranglain yang masuk. Ternyata itu tempat sembahyang umat Buddha dan Kristen, di lantai 2 dan 3 terdapat perpustakaan yang sangat besar. Kami melanjutkan perjalanan. Setelah sampai di Windmill Park, kami foto-foto, setelah itu langsung gas menuju SevenEleven terdekat karena hari sudah siang dan kami sangat lapar!! Bahkan kami sudah tidak menoleh lagi ke spot-spot wisata yang kami lewati. Kami makan siang di SevenEleven NT$269. Beli 2 bakpao dan minuman NT$75. Kemudian setelah makan, kami pergi ke spot-spot foto seperti Rainbow church, Cijin Shell Museum (hanya foto didepannya, untuk masuknya per orang NT$30), dan spot foto kerang besar didekat Shell Museum.

Diperjalanan pulang kami menyusuri Cihou Market yg banyak penjual hasil olahan ikan, ada abon, gorengan udang dll. Keluar dr pasar masuk ke Cijin old street sudah banyak pedagang kaki lima maupun toko yg menjual berbagai jenis minuman dan makanan, saat itu sudah pukul 4 sore. Kami membeli minuman seperti es teh manis NT$20, milk tea NT$28. Setelah itu kami menuju Cijin pier untuk balik, bayar lagi NT$160. Karena ingin ke Pier 2 yg terdapat banyak karya seni dan museum kereta api kami jalan menuju kesana, walaupun sudah menjauhi stasiun Sizihwan. Kami beli oolong tea NT$20 dan sampai ke pier 2 setelah foto2 lagi-lagi kami jalan kaki untuk melihat keadaan Kaohsiung di makam hari. Kami sempat makan di McD , beli menu yang sama seperti kemarin NT$99. Dan akhirnya balik ke hotel lagi. Kami sangat kelelahan karena berjalan sepanjang hari. 

Makan= NT$586
Transport=NT$400
Total=NT$986
Total 11 hari=NT$15.098 + selisih NT$288 sisa NT$5614

Gushan Pier

Pemandangan saat menyebrang ke Cijin Island

Galeri di Cihou Lighthouse

Tampak depan Cihou Lighthouse

Cihou Fort

Sepeda yang bisa disewa di Cijin Island, kayak gitu tuh.

Gedung Cijin Life Memorial

Windmill Park

Rainbow Church, saya kira gereja beneran wkwkwk.

Cijin Shell Gallery

Spot foto kerang besar, instagrammable banget!


Comments

Popular posts from this blog

Hari II : Jalan-jalan di Lotus Pond, Kaohsiung

Pada tanggal 11 Juli 2018 kami berencana jalan-jalan yang dekat2 saja di Kaohsiung. Paginya kami makan pagi di hotel. Dan menurut kami sangat memuaskan karena menyediakan nasi dengan berbagai macam lauk, sayur, ada bubur, roti dgn selai, mantau, minumannya ada kopi, teh, jus jeruk, lengkeng, anggur. Pokoknya puas dan kenyang.

Hari XII : Santai-santai di Kaohsiung dan Pulang ke Bali

Hari ini adalah hari terakhir kami di Taiwan, jadi kami tidak merencanakan pergi   ke destinasi wisata. Kami hanya bersantai-santai. Sesudah sarapan yg sangat kenyang,   kami n aik MRT ke Shihjia Station keluar dari gate 3. Menuju ke IKEA, lihat-lihat barang di sana, setelah puas kami keluar. Dipintu keluar, ada penjual makanan dan disebelahnya terdapat vending machine tapi bukan menjual minuman melainkan es krim (baru kali ini lihat vending machine es krim) ada yg rasa vanila NT$10 dan rasa mangga NT$20. Kami coba...wih enak es krimnya seperti es krim McD dan murah banget. 

Jalan-jalan di Kuta, Bali Tanpa Kendaraan? Emangnya Bisa?

Hallo teman-teman. Udah lama banget nih saya gak nulis di blog karena berbagai kesibukan. Tapi ada suatu momen yang ingin saya bagikan, yaitu momen saya jalan-jalan di Kuta, Bali. Ya, saya memang tinggal di Bali dan jalan-jalan di Bali bukanlah hal yang jarang saya lakukan. Namun saya ingin memberitahu kalian bahwa ternyata ada tempat wisata yang bisa kalian nikmati tanpa harus naik motor atau mobil. Ya, yaitu berwisata di Kuta.