Skip to main content

Hari VII : Jalan-jalan di National Taiwan University

Hari ini kami mau jalan ke Taipei Main Stasiun (TMS), karena tempatnya sangat menarik dan sangat besar. Kami belum sempat mengubek-ubek tempat ini. Kami keliling-keliling dan  masuk ke TRA station (kereta lokal di Taiwan). Persis di depan loket pembelian TRA, terdapat Taipei Main Hall. Ruangannya  sangat besar dan bersih, tidak ada kursi untuk duduk calon penumpang. Tapi karena lantainya bersih, maka banyak orang duduk di lantai . Ada yang berkumpul sambil makan, juga ada yang sendiri. Melihat itu, kamipun duduk dilantainya sambil mengagumi stasiun di negara tersebut, juga membayangkan enaknya kalau stasiun bis di negara kita seperti ini wkwkwk...



Disini sebenarnya adalah tempat pembelian  karcis TRA (kereta lokal) secara manual maupun  melalui vending machine.  Disekitar hall banyak terdapat restoran-restoran yang menarik dan juga terdapat sevel. Akhirnya kami membeli 1 kotak nasi dan dumpling di sevel NT$ 114. Makan dan duduk ditengah-tengah hall, sambil ngobrol-ngobrol. 
Dari sana kami, naik MRT ke Gongguan station NT$80, tepat disebelah kanannya terdapat jalan kecil menuju NTU, kami masuk kesana, wow...sepeda semua terparkir dan mahasiswa2 semua memakai sepeda, tidak ada yg memakai motor. Kami masuk lagi ke kampus NTU terdapat dormitory pria dan disebelahnya tdp kantin, kami masuk ke kantin dan makan disana. Lucunya kami mengambil sayur dan lauk pauk terlebih dulu, kemudian ditimbang, setiap timbangan 100 gr dihargai NT$20. Kami makan NT$165 dan beli buah kiwi yg sudah di plastik 4 buah 50 nt. Kami keliling lagi dan berfoto2, srlama keliling kami membeli minuman di vending machine 3 buah 26 nt. Disini juga terdapat barber dan supermarket2 kecil, tapi karena besok mau ke kaohsiung jadi jangan sampai banyak bawaan.

Kawasan NTU sangat sangat luas, mungkin hampir seharian kami disana. Walaupun NTU bukan tempat wisata (mana ada turis pergi ke universitas sih wkwkwk), tapi kami tetap kesana, awalnya papa saya tidak terlalu tertarik karena harus ada biaya transport lagi naik MRT, tapi karena semua tempat wisata di Taipei sudah kami kunjungi, maka tidak ada ruginya kami kesana juga. Sekalian buat gambaran bagi saya dan cece saya, siapa tahu bisa kuliah disana kan (amin!). Tiap-tiap gedung fakultas sudah ada tulisan didepannya, jadi kami berfoto-foto didepan tulisannya. Tapi hal yang disayangkan adalah tidak ada tulisan 'National Taiwan University' terpampang didepan gerbang atau di gedung. Di tengah-tengah universitas terdapat NTU Library yang sangat besar, kami masuk kesana untuk sekadar ngadem saja wkwkwk. Di beberapa sudut-sudut kampus banyak kantin-kantin khusus mahasiswa yang harganya lebih murah daripada biasanya. Saat kami duduk-duduk di taman kampus, kami bertemu seorang bapak tua yang kebetulan orang Indonesia yang kerja jadi dosen di NTU, beliau melihat kami mengobrol bahasa Indonesia, jadinya beliaulah yang menyapa duluan. Beliau banyak bercerita tentang pengalaman yang didapat selama tinggal di Taiwan. Secara tidak sadar, perkataannya membangkitkan semangat belajar saya untuk bisa berkuliah di Taiwan. Bahkan papa saya sempat berfoto dengan beliau.

Setelah dari sana, kami balik lagi ke TMS. Karena esoknya kami mau ke Kaohsiung jadinya kami pergi dulu ke Taipei Bus Station. Kami membeli tiket Ubus seharga NT$2120 untuk 4 orang. Ternyata harga Kuokuang bus dengan Ubus sama. Papa saya sempat berpikir kalau Ubus lebih mahal jadinya kami tidak meyakinkan lagi. Saya sangat terkesan dengan kebersihan dan kenyamanan stasiun bis disana, semua sangat teratur dan terkoordinasi dengan baik. Bis datang dan pergi tepat waktu sesuai dengan jadwal yang ada, walaupun bisnya masih sepi. Saya sempat berpikir bahwa bis-bis ini terlalu cepat datangnya (setiap 40 menit pasti ada bis menuju ke Kaohsiung/tempat lainnya), apalagi saat bis mau berangkat penumpang tidak terlalu banyak. Tetapi itulah potret negara maju, sudah memikirkan transportasi yang nyaman dan mudah. Sesudah itu kami jalan-jalan di TMS aja dan beberapa mall underground. Dan kami balik ke hotel, mandi, serta istirahat.

Transport dalam kota = NT$160u
Transport luar kota (bus dari Taipei ke Kaohsiung)= NT$ 2.120k
Makan = NT$ 251
Lain-lain = NT$ 111 
Total hari ini = NT$ 2.642 
Tot 9 hari= NT$ 13.256 

Suasana di K Underground Mall

Duduk-duduk di Taipei Main Hall

Parkir sepeda di NTU

Salah satu bagian gedung di NTU

NTU Library, gede banget

Di Gallery of NTU History


Comments

Popular posts from this blog

Hari II : Jalan-jalan di Lotus Pond, Kaohsiung

Pada tanggal 11 Juli 2018 kami berencana jalan-jalan yang dekat2 saja di Kaohsiung. Paginya kami makan pagi di hotel. Dan menurut kami sangat memuaskan karena menyediakan nasi dengan berbagai macam lauk, sayur, ada bubur, roti dgn selai, mantau, minumannya ada kopi, teh, jus jeruk, lengkeng, anggur. Pokoknya puas dan kenyang.

Hari XII : Santai-santai di Kaohsiung dan Pulang ke Bali

Hari ini adalah hari terakhir kami di Taiwan, jadi kami tidak merencanakan pergi   ke destinasi wisata. Kami hanya bersantai-santai. Sesudah sarapan yg sangat kenyang,   kami n aik MRT ke Shihjia Station keluar dari gate 3. Menuju ke IKEA, lihat-lihat barang di sana, setelah puas kami keluar. Dipintu keluar, ada penjual makanan dan disebelahnya terdapat vending machine tapi bukan menjual minuman melainkan es krim (baru kali ini lihat vending machine es krim) ada yg rasa vanila NT$10 dan rasa mangga NT$20. Kami coba...wih enak es krimnya seperti es krim McD dan murah banget. 

Jalan-jalan di Kuta, Bali Tanpa Kendaraan? Emangnya Bisa?

Hallo teman-teman. Udah lama banget nih saya gak nulis di blog karena berbagai kesibukan. Tapi ada suatu momen yang ingin saya bagikan, yaitu momen saya jalan-jalan di Kuta, Bali. Ya, saya memang tinggal di Bali dan jalan-jalan di Bali bukanlah hal yang jarang saya lakukan. Namun saya ingin memberitahu kalian bahwa ternyata ada tempat wisata yang bisa kalian nikmati tanpa harus naik motor atau mobil. Ya, yaitu berwisata di Kuta.