Skip to main content

Tips untuk backpacking

Hay guys... kalian pasti senang jika diajak jalan-jalan ke luar daerah, karena merupakan hal yang asing dan menarik untuk diketahui. Namun, tidak semua orang bisa melakukannya karena takut bepergian, biaya kurang, dan terjadi apa-apa saat di daerah lain... Tapi jangan khawatir, saya sedikit punya pengalaman jalan2 akan berbagi tips agar jalan2 kalian bisa menyenangkan dan mengasikkan, tentu saja tidak menghabiskan banyak uang (ingat ini backpacking, bukan tur)

1. Cari tempat yang aman untuk backpacking, banyak transportasi umumnya lah.. Jangan ke tempat kayak di Afrika gitu hehe
2. Buat itinerary sebaik mungkin. Dengan adanya jadwal perjalanan tidak kebingungan mencari tujuan wisata selanjutnya dan lebih teratur
3. Kalo sobat penakut, ajak rekan dan keluarga untuk backpacking bersama. Setidaknya kalo ada masalah bisa diatasi bersama
4. Sobat backpacking itu menambah wawasan tentang wilayah itu. Jadi kalo beli oleh2 berlebihan malah banyak ngeluarin duit kan?
5. Gunakan transportasi umum massal ketika bepergian ke daerah  baru. Hindari taksi karena bisa jadi sasaran kejahatan. Tapi tidak masalah kalo sudah familiar dengan daerah itu.
6. Kalo backpacking sendiri tidak masalah kok bagi sobat yang pemberani. Kalo rame-rame malah lebih ribet karena menjaga satu sama lain.. belum lagi ada yang hilang tersesat.
7. Sebelum pergi ke wilayah tsb, cari tahu lebih dalam tentang akomodasi, penginapan, tujuan wisata, dan cuaca dan iklimnya.
8. Lebih baik banyak makan makanan lokal daripada makan makanan fastfood. Kita menjadi banyak tahu cita rasa di berbagai daerah.
9. Jangan tukar IDR dengan mata uang asing di airport, kurs beli dan kurs jual jauh beda membuat uang kita berkurang banyak.
10. Bawa fotocopy passport selama perjalanan untuk berjaga2 jika passport asli hilang.
11. Jangan banyak pergi ke theme park karena banyak ngabisin duit dan hanya permainan saja.
12. Untuk frequent traveler, tidak ada salahnya berinvestasi dengan tas dan backpack yang mahal dan berkualitas.
13. Pelajari bahasa dan kebiasaan warga setempat. Setidaknya bisa mengucapkan selamat pagi, terimakasih, dan maaf.
14. Malu bertanya sesat di jalan. Emang bener banget. Jangan malu untuk menanyakan arah jalan pada warga setempat. Jika tidak bisa bahasa lokal gunakan bahasa inggris.
15. Saya rekomendasikan naik maskapai AirAsia. Cocok untuk backpacker karena murah dan gak pernah delay.
16. Bawa obat-obatan pribadi, jangan sampai sakit. Kita tidak tahu biaya berobat di wilayah setempat.
17. Jika ke negara maju dan banyak aturan ketat, biasakan dari sekarang jangan melakukan hal yang dilarang.
18. Biasanya di restoran tempat banyak wisatawan, mintalah Vat Refund, pengembalian ppn untuk turis.
19. Jika sobat bepergian terus seharian dari pagi sampai malam, nginap saja di hostel, lebih murah dibandingkan hotel, terutama di Singapore
20. Selalu bawa jaket dan payung untuk berjaga-jaga saat jalan2 hujan deras dan cuacanya dingin.
21. Tidak ada kata terlambat untuk traveling, baik tua muda, pria wanita, semua bisa. Happy backpacking!

Comments

Popular posts from this blog

Hari II : Jalan-jalan di Lotus Pond, Kaohsiung

Pada tanggal 11 Juli 2018 kami berencana jalan-jalan yang dekat2 saja di Kaohsiung. Paginya kami makan pagi di hotel. Dan menurut kami sangat memuaskan karena menyediakan nasi dengan berbagai macam lauk, sayur, ada bubur, roti dgn selai, mantau, minumannya ada kopi, teh, jus jeruk, lengkeng, anggur. Pokoknya puas dan kenyang.

Hari XII : Santai-santai di Kaohsiung dan Pulang ke Bali

Hari ini adalah hari terakhir kami di Taiwan, jadi kami tidak merencanakan pergi   ke destinasi wisata. Kami hanya bersantai-santai. Sesudah sarapan yg sangat kenyang,   kami n aik MRT ke Shihjia Station keluar dari gate 3. Menuju ke IKEA, lihat-lihat barang di sana, setelah puas kami keluar. Dipintu keluar, ada penjual makanan dan disebelahnya terdapat vending machine tapi bukan menjual minuman melainkan es krim (baru kali ini lihat vending machine es krim) ada yg rasa vanila NT$10 dan rasa mangga NT$20. Kami coba...wih enak es krimnya seperti es krim McD dan murah banget. 

Jalan-jalan di Kuta, Bali Tanpa Kendaraan? Emangnya Bisa?

Hallo teman-teman. Udah lama banget nih saya gak nulis di blog karena berbagai kesibukan. Tapi ada suatu momen yang ingin saya bagikan, yaitu momen saya jalan-jalan di Kuta, Bali. Ya, saya memang tinggal di Bali dan jalan-jalan di Bali bukanlah hal yang jarang saya lakukan. Namun saya ingin memberitahu kalian bahwa ternyata ada tempat wisata yang bisa kalian nikmati tanpa harus naik motor atau mobil. Ya, yaitu berwisata di Kuta.