Skip to main content

5 Things To Do Before Backpacking

Saya kembali lagi… Mungkin bagi sobat yang ingin bepergian ke luar kota, luar pulau, atau luar negeri, dengan tujuan berlibur, tidak ingin bertemu saudara, ingin backpacking sendiri atau rame-rame, pasti bingung apa yang harus dilakukan terlebih dahulu. Beda perkara jika sobat bepergian jika itu tugas kantor, atau pengen ketemu saudara, atau memakai tur, kalo seperti itu tidak perlu bingung karena kita sudah dipersiapkan segala sesuatunya. Nah, jika sobat ingin bepergian dengan backpack, harus perhatiin ini dulu ya sebelum berangkat.. Check it out!

1.   Tentukan destinasi tujuan wisata

Ini yang terpenting, sobat harus punya kemauan, pengen pergi kemana ya? Untuk liburan tahun ini? Pengennya pergi sendiri.. lebih seru… Nah, begitu kira-kira pertanyaan dari saya.. Tentunya sobat pasti pernah dengar dari kerabat maupun keluarga tempat/ Negara apa yang enak untuk liburan.

2.  Mulai mencari tiket pesawat promo , buat visa, passport dan hotel jauh-jauh hari

Jika sobat sudah tahu pengen pergi kemana, mulai cari-cari dari sekarang tiket pesawat, saran saya supaya sobat cari jauh-jauh hari, hal ini bertujuan sobat kemungkinan besar mendapat tiket promo… Sayang kan, masa mau liburan ngabisin banyak uang… Saya sih selalu naik AirAsia, selain murah, pelayanan maksimal dan gak pernah delay. Tapi ini terserah sobat pengen naik maskapai yang mana.. Selain itu, hotel juga harus cari jauh-jauh hari, ortu saya biasanya mencari hotel di agoda. Jika hotel banyak yang mahal dan tidak ada yang promo (ini di Singapore biasanya)cari aja hostel, lebih murah dan banyak fasilitasnya. Untuk passport, harus dibuat 6 bulan sebelum keberangkatan. Bisa dibuat di kantor imigrasi terdekat di kotamu. Saya kurang tahu tentang visa, visa berlaku untuk Negara diluar Asia Tenggara(menurutku), dalam membuat visa, harus disertakan itinerary ke Negara tujuan.

3.  Cari info sebanyak-banyaknya tentang daerah yang kita kunjungi

Tiket pesawat beres, hotel beres, jangan puas dulu… Sobat gak mau kan sampai di airport gak tau lagi mau kemana, nyari hotelnya juga bingung. Harus cari info tentang daerah yang kita kunjungi, mulai dari tempat wisata, biaya transportasi, biaya makan, adat istiadat yang harus diterapkan disana, bahasa yang digunakan, cuaca/ iklimnya, peta-peta, kalo perlu beli buku panduan tentang Negara/ daerah itu.

4.    Menyusun itinerary

Yang paling dibutuhkan dalam perjalanan adalah itinerary/ rencana perjalanan. Misalkan, hari pertama sobat pergi ke hotel dulu, istirahat, kemudian malamnya cari tempat dinner terdekat, hari kedua, mulai pergi ke tujuan wisata populer, dan seterusnya hingga hari terakhir. Tips saya, jangan terlalu padat itinerarynya karena bisa membuat sobat tidak santai saat liburan, selalu dikejar waktu, dan akhirnya pulang kemalaman, dan sakit deh… Jangan paksakan semua tujuan wisata sobat kunjungi, alangkah baiknya jika sobat cari yang gratis masuknya/ murah, nanti bisa berlama-lama disana… Jadwal perjalanan sobat jangan terlalu akurat waktunya, jadi enggak stress sendiri mikirin keterlambatan dalam itinerary yang dibuat sendiri. Jika sobat ke Singapore, post terlama saya adalah itinerary, bisa dijadikan panduan…hehe.

5.     Persiapkan barang bawaan

Saya sekeluarga tidak terlalu memikirkan barang bawaan, biasanya  saya hanya membawa 5 baju dan 2 celana, 10 pakaian dalam, dan 1 pasang baju tidur (5 hari). Kalo ortu saya beda lagi, selain itu, bawa dompet, kamera, passport, boarding pass, buku, dll. Tips saya jangan bawa banyak barang yang tidak perlu dibawa saat bepergian, misalnya perhiasan, makanan, buku cerita selama di pesawat, dll. Kalo terjadi apa-apa dengan barang bawaan, urusan bisa panjang, sobat malah bukan liburan melainkan mencari barang bawaan yang hilang, dan bisa-bisa sobat tidak pulang ke kampung halaman. Kalo makanan, sah-sah aja sih, saya sendiri juga sering bawa makanan, karena di AirAsia makanan tidak disediakan secara gratis. Tapi ketika menuju tempat pemeriksaan tas, petugas airport bilang makanan gak boleh masuk, terpaksa kami sekeluarga menghabiskan makanan/minuman yang dibawa…

Semoga bermanfaat!

Popular posts from this blog

Hari II : Jalan-jalan di Lotus Pond, Kaohsiung

Pada tanggal 11 Juli 2018 kami berencana jalan-jalan yang dekat2 saja di Kaohsiung. Paginya kami makan pagi di hotel. Dan menurut kami sangat memuaskan karena menyediakan nasi dengan berbagai macam lauk, sayur, ada bubur, roti dgn selai, mantau, minumannya ada kopi, teh, jus jeruk, lengkeng, anggur. Pokoknya puas dan kenyang.

Hari XII : Santai-santai di Kaohsiung dan Pulang ke Bali

Hari ini adalah hari terakhir kami di Taiwan, jadi kami tidak merencanakan pergi   ke destinasi wisata. Kami hanya bersantai-santai. Sesudah sarapan yg sangat kenyang,   kami n aik MRT ke Shihjia Station keluar dari gate 3. Menuju ke IKEA, lihat-lihat barang di sana, setelah puas kami keluar. Dipintu keluar, ada penjual makanan dan disebelahnya terdapat vending machine tapi bukan menjual minuman melainkan es krim (baru kali ini lihat vending machine es krim) ada yg rasa vanila NT$10 dan rasa mangga NT$20. Kami coba...wih enak es krimnya seperti es krim McD dan murah banget.

Jalan-jalan di Kuta, Bali Tanpa Kendaraan? Emangnya Bisa?

Hallo teman-teman. Udah lama banget nih saya gak nulis di blog karena berbagai kesibukan. Tapi ada suatu momen yang ingin saya bagikan, yaitu momen saya jalan-jalan di Kuta, Bali. Ya, saya memang tinggal di Bali dan jalan-jalan di Bali bukanlah hal yang jarang saya lakukan. Namun saya ingin memberitahu kalian bahwa ternyata ada tempat wisata yang bisa kalian nikmati tanpa harus naik motor atau mobil. Ya, yaitu berwisata di Kuta.