Skip to main content

Kuliner wajib di Jogja

Pada tanggal 14-21 Juni, saya dan keluarga berlibur di Jogja. Liburan ke Jogja yang membuat saya terkesan adalah makanannya yang relatif murah (tergantung orangnya juga sih milih tempat makan dimana), serta tempat belanja yang murah, tepatnya di Malioboro. Selama saya disana, saya tidak pernah kekurangan makanan, apalagi kelaparan. Maklum hotel saya menyediakan fasilitas breakfast, jadi bisa menghemat pengeluaran. Anda mau tahu tempat makan yang wajib dikunjungi selama ke Jogja? Ini dia!


1. Gudeg Bu Tjitro
Gudeg merupakan makanan khas Jogja yang musti anda coba. Bagi orang yang kurang menyukai makanan bersantan, makan gudeg rasanya agak berat hati. Saya melihat di banyak blogger orang kalo makanan nangka muda satu ini recomended banget. Walaupun restoran gudeg, dia juga menjual makanan lain. Tapi saya hanya memesan gudeg saja. Kisaran harganya antara 15-25 rb. Minuman air putihnya gratis dan bisa refill sepuasnya. Asik! Untuk pergi kesana saya naik trans jogja menuju bus stop JEC IPP Gedongkuning.

2. Pempek 10 Ulu Palembang Ny. Kamto
Emang pempek bukan makanan khas Jogja, namun di tempat saya tinggal (Bali) tidak ada pempek semurah dan seenak itu. Pempeknya antara kisaran 7 rb hingga 14 rb. Selama saya di Jogja, 8 hari saya puas-puasin makan pempek Ny.Kamto. Bukan berarti saya makan itu terus siang malam hehe. Salah satu cabangnya ada di Hero, Mal Malioboro, lantai bawah. Sepanjang jalan Malioboro, banyak perhentian bus trans jogja kok.

3. Bakso Kota Cakman
Katanya sih berasal dari Malang, tapi berhubung di tempat saya tinggal tidak ada bakso yang enak seperti itu jadi apa salahnya mencoba makan disana. Baksonya gede gak nanggung2, cocok untuk makan siang. Saya kesana membeli yang paket beserta minuman, bukan yang satuan. Cabangnya ada di Jogja City Mall, menuju kesana cukup mudah, naik trans Jogja ke Terminal Jombor lalu jalan ke arah selatan kurang lebih 8 menit. Ada juga cabangnya di Hartono Mall. Cukup naik trans jogja dan turun di bus stop portable yang ada di Jl. Ring road utara tidak jauh dari rumah sakit JIH.

4. Fruitzee es potong Singapore
Bukannya saya lihat di web atau di recomended orang, tapi saya lihat pertama kali di Hartono Mall. Kalo gak pengen jauh2, ada di sepanjang jalan Malioboro, tepatnya saya kurang tahu. Saat itu beberapa varian lagi promo dari harga 12 rb menjadi 8 rb. Saya jadi tertarik neh wkwk. Rasanya juga aneh2 ada Avocado Coffee, Tutti Frutti, Rum Raisin Mochacino, dll. Katanya yang buat orang Jogja dan es krimnya home made. Wah, keluarga saya sempat berpikir untuk membuka cabang Fruitzee di Bali. Karena di Bali cukup panas, jadi terpikir deh. Sambil menyelam minum air, berlibur sambil memikirkan peluang bisnis. Hehe.

Itu aja deh yang menurut saya harus anda cicip di Jogja, banyak juga sih makanan di pinggir jalan yang murah banget, seperti paket nasi ayam bakar + minum hanya 15 rb, makanan padang dengan lele hanya 9 rb. Tapi saya lupa nama tempatnya jadi gak bisa ngasi info yang lengkap nih. Namun jangan khawatir, yang penting gak pilih2 makanan pasti dapat makanan yang cocok di lidah dan dompet anda.
Oh iya sekedar info, saya berlibur ke jogja memakai bus umum disana, namanya trans jogja. Tidak perlu sewa mobil atau naik taksi kalo jalan2 di jogja, apalagi jika Anda hanya pergi ke Malioboro saja. Pusat kota jogja sudah terjangkau semua oleh rute trans jogja. Untuk mencari tahu rutenya, setiap bus stop ada informasinya kok. Jika Anda kurang mengerti, langsung tanyakan saja kepada petugasnya disana. Untuk semua tujuan, harga naik trans jogja hanya 3500/org.
Happy Traveling!

Comments

Popular posts from this blog

Hari II : Jalan-jalan di Lotus Pond, Kaohsiung

Pada tanggal 11 Juli 2018 kami berencana jalan-jalan yang dekat2 saja di Kaohsiung. Paginya kami makan pagi di hotel. Dan menurut kami sangat memuaskan karena menyediakan nasi dengan berbagai macam lauk, sayur, ada bubur, roti dgn selai, mantau, minumannya ada kopi, teh, jus jeruk, lengkeng, anggur. Pokoknya puas dan kenyang.

Hari XII : Santai-santai di Kaohsiung dan Pulang ke Bali

Hari ini adalah hari terakhir kami di Taiwan, jadi kami tidak merencanakan pergi   ke destinasi wisata. Kami hanya bersantai-santai. Sesudah sarapan yg sangat kenyang,   kami n aik MRT ke Shihjia Station keluar dari gate 3. Menuju ke IKEA, lihat-lihat barang di sana, setelah puas kami keluar. Dipintu keluar, ada penjual makanan dan disebelahnya terdapat vending machine tapi bukan menjual minuman melainkan es krim (baru kali ini lihat vending machine es krim) ada yg rasa vanila NT$10 dan rasa mangga NT$20. Kami coba...wih enak es krimnya seperti es krim McD dan murah banget. 

Jalan-jalan di Kuta, Bali Tanpa Kendaraan? Emangnya Bisa?

Hallo teman-teman. Udah lama banget nih saya gak nulis di blog karena berbagai kesibukan. Tapi ada suatu momen yang ingin saya bagikan, yaitu momen saya jalan-jalan di Kuta, Bali. Ya, saya memang tinggal di Bali dan jalan-jalan di Bali bukanlah hal yang jarang saya lakukan. Namun saya ingin memberitahu kalian bahwa ternyata ada tempat wisata yang bisa kalian nikmati tanpa harus naik motor atau mobil. Ya, yaitu berwisata di Kuta.