Skip to main content

Jalan-jalan ke Fine City

Saya termasuk orang yang senang bertraveling. Tapi ini bukan sifat saya sendiri, kedua ortu saya juga seneng banget traveling. Traveling itu merupakan hiburan bagi kami. Tidak seperti kebanyakan orang yang memiliki hiburan bermaaiiin game aja. Duh, bikin mata puyeng aja. Kalo traveling kan gak bikin mata puyeng,, hehehe... Nih saya share sedikit pengalaman saya ke Singapore selama 5 hari, saat Januari 2014. Yuk simak...

Hari ke 1 :
Tiba di Singapura, Orchard Road
Sesudah menempuh penerbangan kl 1 jam tiba di  terminal 1 airport Changi pk 12.00. ke kamar mandi bersih banget, di depan kamar mandi terdapat air keran yang bisa langsung di minum, gw foto-fotoan di depan kran (hehe,, tp jangan ngira orang kampung ya!!). Banyak juga tempat menarik di airport yang bisa dijadikan tempat foto2. Lunch di air port di burger king 28.9$. Dari sana naik Sky train menuju terminal 2, Gratis. Dari terminal 2 menuju ke kota tempat hostel yang sudah di pesan yaitu ke terminal Lavender naik MRT2.1$ x 4 = 8.4 $. Cari Hostel tidak terlalu jauh dari terminal, check in , deposit 10$ (refundable).Dapat 1 kamar untuk ber 6, tapi karena kami berempat maka kamar itu hanya dikhususkan untuk kami sekeluarga, jadi kami bebas mau ngapain aja,,, tanpa diganggu oleh kehadiran oranglain. Istirahat, mandi. (Jangan salah ya,, walaupun hostel murah, kamar mandinya berssiih bingits!) Jam 4 sore, kami siap-siap berpetualang di Singapura. Naik MRT dari terminal Lavender ke Orchard 1.1$ x 4 = 4.4$, berhenti di  basement Ion Orchard, terus kami makan malam di “ Opera” dibasemen Ion Orchard, Ramai sekali, tapi tidak sumpek sihh.  Kami makan mie serta makanan Vietnam, wooow enak banget, walau mahal tetap hati gembira , harganya 16$. Keluar dari Ion Orchard adalah  Orchard Road yang terkenal. Jalan-jalan di sana, banyak orang Indonesia juga. Dan tidak lupa makan es kri m potong seharga 1$ , kami beli 2. Berjalan kaki sepanjang Orchar road yang ramai sampai di Somerset station, tidak terlalu jauh berjalan.Naik MRT ke Marina Bay 1.2$ x 4 = 4.8$, Jalan-jalan di Marina Bay, asik sekali, tempatnya rapi , bersih, banyak orang cycling dan jogging (wah, kalo gw tinggal disana, bisa-bisa tiap hari jogging disana... hehehe). Tidak bisa foto karena gelap, maklum pake pocket camera. Tunggu besok ya……dari Marina bay station ke Lavender 1.3$ x 4 = 5.2$. Sebelum ke hostel mampir ke Fair Price untuk membeli minuman dan mie instan seharga 4.3$. Pulang dan tidur. Haduuhh, capek rasanya walaupun masih hari pertama....:((

Hari ke 2 :
Marina Bay
Bangun siang, siap2 dan berangkat dari Hostel pk. 8.30, sebelumnya sarapan roti yang dipanggang , diolesi strawberry jam/ peanut butter, minum susu/ kopi atau teh. Kenyang. Di  perjalanan ke station, mampir dulu ke Fair Price, beli minuman dan snack beras 4$. Hari ini kami akan menuju ke Marina Bay karena kemarin belum puas dan sudah terlanjur sore. Naik MRT dari Lavender menuju Raffles station 1.1$ x 4 = 4.4 $. Tiba di Raffles Park , jalan-jalan di antara gedung-gedung tinggi, menyeberangi Chulia street dan menyusuri Bonham street dan sampailah di Singapore River Side. Di sisi sungai banyak terdapat kursi-kursi, istirahat disana sambil minum dan makan snack yang sudah dibeli. Sungainya bersih dan banyak sekali turis yang berfoto ria di tepi sungai.  Menyusuri tepi sungai sampai di jembatan “Cavenagh Bridge”, menyeberang jembatan tidak lupa foto2 terdapat Asian Civilitation Museum, disini juga banyak penjual es krim potong , makan es krim deh 1$ x 2 . Menyeberangi jalan lewat underpass untuk pejalan kaki, naik tangga di sebelah kanan, jalan di bawah jembatan, sampailah di Merlion park. Foto abis disini deh. Secara Merlion muncrat kan ikonnya Singapura. Setelah itu kami berjalan menyusuri walking pavement menuju Esplanade (gedung durian) setelah selesai foto2, menyebrang jalan menuju ke Marina Shooping Mall, lunch disana 26.4$ , kenyang banget. Mau melanjutkan perjalanan……..eh hujan…nunggu di  Mall tepatnya di Burger king. Sambil menunggu hujan beli coke float dan taro turn over seharga 1.9$. Hujan berhenti kami melanjutkan perjalanan , seberangi jalan kembali ke esplanade, dan menyusuri sungai sampai di Helix Bridge (jembatan yang bentuknya unik), bersih, foto2 disana dengan view lautan serta gedung dengan perahu diatasnya. Sampai di seberang terdapat Art Science Museum, kami tidak masuk, menyusuri jalan dibawah Helix Bridge kami sampai di Garden By The Bay. Sebelum sampai di gerbang utama, kami belok ke kanan menuju Silver Garden. Sepanjang perjalanan di taman banyak disediakan bangku-bangku taman untuk istirahat dan masuk ke taman tersebut tidak dikenakan biaya alias Free. Padahal tamannya bagus banget, semua tanaman tertata dengan rapid an tidak ada semak belukar. Kami terus masuk ke taman melalui Vertical garden yang sangat bagus, foto2 deh. Nah sampai di tengah taman terdapat OCBC Skyway yaitu jembatan yang menghubungkan vertical garden dengan vertical garden yang lain, lumayan tinggi, saya dan papa mama naik kesana untuk masuk dikenakan biaya 5$ x 3 = 15$, lumayan tinggi, naiknya memakai lift, indah. Setelah turun dari OCBC bridge sudah pkl 5 sore.  Tepat di depan Bridge terdapat banyak restoran, kami masuk Texas, makan disana seharga 19.5$. setelah kenyang. Tunggu sampai jam 7 terdapat pertunjukan lampu pada vertical garden. Bagus banget. Kami duduk di tepi sungai menonton pertunjukan lampu disertai music, seperti berada di hutan yang indah…he he he...lumayan dapet pertunjukan bagus tapi gratis. Pulang naik MRT dari Bayfront station ke Lavender 1.3$ x 3 dan 1.5$. Mampir ke Fair Price lagi belanja buah pear dan minuman 4.2$.

Hari ke 3 :
Hari ini rencana ke Sentosa Island
Sesudah breakfast di hostel Backpacker @SG , roti panggang, pkl 09.30 check out dari backpacker @SG. Naik MRT  di  Clarke Quay karena mau pindah hostel   daerah sana yaitu di Blistloft   1,5$ x 2 = 3$, 1,4$ dan 1,3$. Sampai di Blistloft pk. 10.10. Titip tas . menuju ke Clark Quay Center untuk istirahat sejenak karena di hostel tidak ada lift sehingga harus naik tangga ke lantai 3 cukup  capek, disana beli juice 8$ untuk 3 cup dan 2 potong roti isi 2,7$.
Dibawah clark Quay centre adalah  terminal MRT, dan langsung naik MRT ke Vivo city !,5$ x 4 = 6$. Sampai di Vivo city yang merupakan sebuah mall besar tidak perlu berpanas-panas ria karena terminal ada di basement vivo city. Jalan-jalan dan lihat-lihat di mall itu, ada Giant supermarket beli minuman Crysantemum yang besar seharga 1,6$. Kemudian  makan siang  masih di lantai 1 ada Restaurant Hongkong Sheng Kee lagi promo Beli 3 menu makanan mendapat 1 desert dan 2 minuman untuk saya, kakak saya, dan papa seharga 26,5$. Tapi saya sendiri lunch di restaurant  Kopi Tiam “Cha sew roasted duck rice” seharga 5,5$  enak dan penyajiannya sangat cepat. Setelah kenyang naik ke lantai 3 Vivo City untuk beli karcis monorail ke Sentosa Island 4$ x 4 = 16$. Berhenti di Waterfront Station. Disini terdapat patung merlion juga, foto2 deh. Terus jalan kaki menuju  Universal Studio Singapore lumayan jauh , kaki jadi gempor, sebaiknya  naik monorail lagi, gk perlu jalan kaki. Terdapat “Watson” beli dulu minuman 3$. Tapi terbayar capeknya di depan bola dunia di depan USS,  narsis, tapi gk masuk USS karena mahal lagian sama saja seperti park2 yang lain. Didepan bola dunia banyak terdapat toko2 cinderamata khas USS dan tempat duduk yang rindang sehingga bisa duduk dan santai disana. Masuk ke Beach front station untuk menuju ke Siloso Beach. Di Siloso Beach terdapat permainan “I Fly” , gak main sih…..ngeliat aja bagaimana para pemula yang ingin merasakan sensasi terbang, kelihatannya mengasikkan, kalau ingin permainan ini bayar 99$ untuk 2 kali terbang. Harus punya nyali nih untuk mau nyoba main ini.. hihi. Dibawah “I Fly “ terdapat Mc Donald masuk ke sana dan beli paket Big mac seharga 7.15$. penuh banget. Ada juga Siloso beach dimana kita bisa mendengarkan suara music dari pantai tapi harus jam 6 sore.  Seteleh puas foto2 , kami balik ke Vivo City dengan monorail. Di vivo City terdapat pertunjukan di sebuah panggung di lantai 3 untuk menyambut “Chinese New Year”. Pertunjukan yang bagus, paduan tarian dan kungfu serta nyanyian Chinese. Tiba waktunya dinner, turun ke lantai 1, makan di Kopi Tiam 22$. Dari sana pulang ke hostel dari terminal Harbour Front di basement vivo city ke Clark Quay naik MRT 1.5$ x 4 = 6$. Tiba di hostel pkl. 10 malam, check in di Blistloft memakai deposit 40$ (refundable saat check out).

Hari ke 4
China Town, Haw Par Villa
Malamnya sudah tidur di Blisloft hostel, bangun, sarapan pl 6, kemudian tidur lagi. Bangun pk 8. Siap2 menuju China Town. Dari hostel jalan kaki kurang lebih 1 kilometer, melewati 7 ruas jalan. Jalannya lengang tidak crowded, nyaman jalan kaki di singapura. Sampai di China town , bangunan disana unik, sudah lumayan ramai, melewati Mariaman Temple,  tiba di pasarnya , beli gantungan kunci 2 set X 6 buah = 4$, kaos 4 buah “I love SG” = 10$ dan souvenir meeja 3 buah 10$. Murah. Ditempat lain mahal-mahal. Menyusuri pasar yang ramai dan unik jualannya, foto2, sampai di Relic Budha Temple. Banyak orang sembahyang. Templenya bagus, di dinding di penuhi warna keemasan. Foto2 disana. Dari China Town naik MRT ke Vivo City 1.5$ x 4 = 6$. Lunch di Vivo city 21.9$, beli kue durian 2$. Setelah melepas lelah dan rasa lapar kami menuju ke Haw Par Villa, naik MRT 1.5$ x 4 = 6$. Haw Par Villa adalah sebuah villa yang besar yang dipenuhi patung dengan filosopi Budha. Kami foto2 disana, tidak bayar untuk masuk ke sana, alias free!!Kami berlama-lama disana, karena hari panas banget, untung ada banyak disediakan tempat duduk. Kami juga membaca-baca tentang sejarah China dan kepercayaan orang China (Walaupun mama saya aja yang baca serius sih!) Disana kami membeli minuman seharga 1.2 $. Pkl 3.30 Naik MRT ke vivo city 1.5$ x 4 = 6$. Di sini masuk supermarket Giant, beli minuman 5.17$ lalu makan kue durian 2$ x 2 = 4$. Lanjut ke Orchard karena papa saya pengen sekali makan makanan Vietnam di Opera Food saat pertama kali datang, enak katanya (memang bner).  Naik MRT dari Vivo City ke Ion Orchard (dari mal ke mal hehehe) 1.8$ x 4= 7.2$, sampai di ion orchard pk 5. Langsung pesen makanan seharga 23.3$. sesudah kenyang pulang ke hostel naik MRT ke Clark Quay 1.2$x 4  = 4.8$. di Clark Quay Central beli odol dan panadol (pesanan kakek nenek) = 8.8$. >> Yang ini gak perlu diikuti ya!

Hari ke 5 ( hari terakhir)
Mustafa Centre daerah Little India
Penerbangan pk. 5. Sore. Bangun pl 6 pagi , mandi , breakfast roti seperti biasa. Pk 8.30 Check out, tapi barang di titip karena penerbangan masih lama. Menuju ke Farrer Park station naik MRT 1.2$ x 4 = 4.8$, mau beli coklat di Mustafa centre. Berhenti di City Square Mall, Nyeberang jalan melewati pertokoan sampai di Mustafa Centre. Beli coklat 44.9$ dan ada jaket yang bagus untuk papa 21$. Gak murah-murah juga sih, tapi dibandingkan ditempat lain di Singapura disini jauh lebih murah. Kalau beli souvenir lebih murah di China Town. Pk 11.10 selesai belanja , Lunch di City Square Mall. Makan makanan Korea (kl langsung di Korea nanti kejauhan!!) di food courtnya, Wess enak banget. Untuk berempat 18.5$. Menuju ke hostel untuk ambil barang titipan, naik MRT 1.2$x4= 4.8$.Pukul 1 siang berangkat dari hotel ke Changi airport, naik MRT 2.2$ x4 = 8.8$. Interchange di Outtram Park, kemudian berhenti di Tanah merah. Ganti Sky Train ke airport. Pk 7 malam tiba di Bali, cari2 tempat makanan murah di airport international tidak ada. Cari taksi ke MBG minta Rp 110 ribu (busyet mahal banget, kalau taksi blue bird yang biasa kami pesan paling juga Rp 35 ribu). Akhirnya kami mendapat taksi blue bird habis menurunkan penumpang sampai di rumah habis Rp 120 ribu). Beli  babi guling 4 bungkus  dekat rumahRp 48 ribu. Udah malem, blm maem, ngantuk banget pula...yang penting saya sudah dpt pengalaman berharga nih!

Nah ini dia sob pengalaman saya,, seru banget selama disana..kan? Makanya bagi sobat yang ingin pergi ke Singapore dan gk tau gimana itinerarynya.. Liat punya saya aja ya! Ini memang benar pengalaman saya sendiri, saya tidak copas punya oranglain... Jadi, pikir 2 kali ya sob sebelum copas punya saya juga!

Popular posts from this blog

Hari II : Jalan-jalan di Lotus Pond, Kaohsiung

Pada tanggal 11 Juli 2018 kami berencana jalan-jalan yang dekat2 saja di Kaohsiung. Paginya kami makan pagi di hotel. Dan menurut kami sangat memuaskan karena menyediakan nasi dengan berbagai macam lauk, sayur, ada bubur, roti dgn selai, mantau, minumannya ada kopi, teh, jus jeruk, lengkeng, anggur. Pokoknya puas dan kenyang.

Hari XII : Santai-santai di Kaohsiung dan Pulang ke Bali

Hari ini adalah hari terakhir kami di Taiwan, jadi kami tidak merencanakan pergi   ke destinasi wisata. Kami hanya bersantai-santai. Sesudah sarapan yg sangat kenyang,   kami n aik MRT ke Shihjia Station keluar dari gate 3. Menuju ke IKEA, lihat-lihat barang di sana, setelah puas kami keluar. Dipintu keluar, ada penjual makanan dan disebelahnya terdapat vending machine tapi bukan menjual minuman melainkan es krim (baru kali ini lihat vending machine es krim) ada yg rasa vanila NT$10 dan rasa mangga NT$20. Kami coba...wih enak es krimnya seperti es krim McD dan murah banget.

Jalan-jalan di Kuta, Bali Tanpa Kendaraan? Emangnya Bisa?

Hallo teman-teman. Udah lama banget nih saya gak nulis di blog karena berbagai kesibukan. Tapi ada suatu momen yang ingin saya bagikan, yaitu momen saya jalan-jalan di Kuta, Bali. Ya, saya memang tinggal di Bali dan jalan-jalan di Bali bukanlah hal yang jarang saya lakukan. Namun saya ingin memberitahu kalian bahwa ternyata ada tempat wisata yang bisa kalian nikmati tanpa harus naik motor atau mobil. Ya, yaitu berwisata di Kuta.